Minggu, 18 Desember 2011

Visi dan Misi NU

NU selalu mengembangkan diri dan menyesuaikan dengan dunia modern. Setiap 5 tahun sekali AD / ART (Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga) terus dikembangkan. Dalam keputusan Muktamar Donohudan, Boyolali (2004) disebutkan :

Tujuan Nahdlatul Ulama didirikan adalah berlakunya ajaran Islam yang menganut paham Ahlussunnah Waljama’ah dan menurut salah satu dari Madzhab Empat untuk terwujudnya tatanan masyarakat yang demokratis dan berkeradilan demi kemaslahatan dan kesejahteraan umat.”

Untuk mewujudkan tujuan sebagaimana diatas, maka NU melaksanakan usaha-usaha sebagaimana berikut :

Di bidang agama, mengupayakan terlaksanakanya ajaran Islam yang menganut paham Ahlussunnah Waljama’ah dan menurut salah satu Madzhab Empat dalam masyarakat dengan melaksanakan dakwah Islamiyah dan amar ma’ruf nahi munkar.

Di bidang pendidikan, pengajaran dan kebudayaan mengupayakan terwujudnya penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran seta pengembangan kebudayaan yang sesuai dengan ajaran Islam untuk membina agar menjadi muslim yang takwa, berbudi luhur., berpengetahuan luas dan terampil, serta berguna bagi agama, nusa dan bangsa.

Di bidang sosial, mengupayakan terwujudnya kesejahteraan lahir dan batin bagi rakyat Indonesia.

Di bidang ekonomi, mengupayakan terwujudnya pembangunan ekonomi untuk pemerataan kesempatan berusaha dan menikmati hasil-hasil pembangunan, dengan mengutamakan tumbuh dan berkembangnya ekonomi kerakyatan.

Mengembangkan usaha-usaha lain yang bermanfaat bagi masyarakat banyak guna terwujudnya Khaira Ummah.

Sumber : Antologi NU

Wallahua’lam (Hanya Allah yang lebih mengetahui)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar